HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 4 GENTENG BANYUWANGI TAHUN 2022

LESTARI, KATRIN DWI (2022) HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 4 GENTENG BANYUWANGI TAHUN 2022. Bachelor thesis, STIKES Banyuwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB I - BAB IV.pdf] Text
BAB I - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Pendahuluan: Game online tersedia dalam bentuk permainan yang sederhana berbentuk teks sampai grafis yang cukup kompleks, dapat dimainkan secara bersamaan oleh banyak orang dan banyak tersedia secara gratis, serta menyediakan banyak jenis permainan. Adiksi game online saat ini sudah ditetapkan sebagai salah satu gangguan mental yakni kecenderungan seseorang untuk bermain game online secara berlebihan dalam durasi yang lama dan dilakukan secara terus-menerus. Prestasi belajar dapat dirumuskan sebagai hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan suatu tugas dengan kegiatan pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil evaluasi yang diberikan oleh pendidik. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui hubungan adiksi game online dengan prestasi belajar siswa. Metode: Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional, dengan teknik Purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SMPN 4 genteng sejumlah 187 responden dengan sampel 42 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square. Hasil: Dari hasil penelitian menunjukkan adiksi game online sebagian besar responden termasuk dalam kategori parah yaitu sebanyak 33 responden (79%). Hasil prestasi belajar siswa sebagian besar responden termasuk dalam kategori kurang yaitu sebanyak 28 responden (67%). Berdasarkan tabel uji statistik chi square menggunakan SPSS for windows didapatkan nilai Asymp Sig. 0.002<0.05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada hubungan adiksi game online dengan prestasi belajar siswa di SMPN 4 Genteng Banyuwangi Tahun 2022. Kesimpulan: Konsep pendidikan tersebut, maka konsep pendidikan kesehatan itu juga proses belajar pada individu, kelompok atau masyarakat dari tidak tahu tentang nilai-nilai kesehatan menjadi tahu, dari tidak mampu mengatasi masalah kesehatannya sendiri menjadi mampu, dan lain sebagainya.
Kata Kunci:Addiction Game online, Game online, Pendidikan Kesehatan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN
Email
Thesis advisor
ARIYANI, ANITA DWI
nidn0725118502
UNSPECIFIED
Thesis advisor
BUDI, YULIFAH SALISTIA
nidn0716078502
UNSPECIFIED
Creators:
Creators
NIM
Email
LESTARI, KATRIN DWI
nim201802023
UNSPECIFIED
Department: S1 -- Ilmu Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:37
Last Modified: 16 Jun 2023 01:37
URI: http://eprints.stikesbanyuwangi.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item
View Item