HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TERJADINYA GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA REMAJA USIA 15 – 19 TAHUN DI SMA NEGERI 1 GIRI BANYUWANGI TAHUN 2020

CAROLINE, TRENDY SELLY SETYO (2020) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TERJADINYA GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA REMAJA USIA 15 – 19 TAHUN DI SMA NEGERI 1 GIRI BANYUWANGI TAHUN 2020. Bachelor thesis, STIKES Banyuwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of BAB I - BAB IV.pdf] Text
BAB I - BAB IV.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi masalah mental emosional pada remaja yang diakses untuk menjelajahi sosial di dunia maya, serta membutuhkan akses internet dan gadget. Masalah mental emosional seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, hingga tercetusnya keinginan bunuh diri merupakan beberapa gejala perubahan emosional yang sering dialami remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi intensitas penggunaan gadget terhadap terjadinya gangguan mental emosional pada remaja usia 15–19 tahun. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah 920 responden, dengan total sampel 45 responden menggunakan teknik Accidental sampling yang didapatkan melalui google form. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner SRQ-29 dan kuesioner Intensitas Penggunaan Gadget. Analisis selanjutnya menggunakan uji statistik Chi Square menggunakan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa hampir seluruh responden memiliki intensitas penggunaan gadget tinggi sebanyak 36 responden (80.0%) dan sebagian besar responden memiliki gangguan mental emosional yang normal sebanyak 25 responden (55.6%). Uji Chi- Square dengan SPSS didapatkan hasil Exact Sig. (2- sided). Fisher Exact Test sebesar 0,030 dengan α=0,05. ρ < α (0,030 < 0,05). Ada hubungan yang bermakna antara Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Terjadinya Gangguan Mental Emosional Pada Remaja Usia 15 – 19 Tahun di SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi Tahun 2020. Intensitas penggunaan gadget yang tidak terkontrol akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental emosional. Oleh karena itu perlu adanya pembatasan waktu dalam penggunaan gadget agar terhindar dari gangguan mental emosional.

Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Gadget, Gangguan Mental Emosional

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN
Email
Thesis advisor
DAMAYANTI, FRANSISKA ERNA
nidn0708048404
UNSPECIFIED
Thesis advisor
PUTRI, NOVITA SURYA
nidn0725119003
UNSPECIFIED
Creators:
Creators
NIM
Email
CAROLINE, TRENDY SELLY SETYO
nim201602079
UNSPECIFIED
Department: S1 -- Ilmu Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:16
Last Modified: 20 Feb 2023 07:16
URI: http://eprints.stikesbanyuwangi.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item