ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BUNGATAN SITUBONDO TAHUN 2022

Maharani, Citra (2022) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BUNGATAN SITUBONDO TAHUN 2022. Bachelor thesis, STIKES Banyuwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB I - BAB IV.pdf] Text
BAB I - BAB IV.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien.Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan pertama yang di tuntut untuk dapat memenuhi harapan masyarakat, apabila pelayanan puskesmas yang diberikan baik maka akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan pelayanan tersebut, namun dapat terjadi sebaliknya jika pelayanan dirasa kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Bungatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dan sebanyak 50 responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan yaitu uji Chi Quare mengunakan aplikasi SPSS 24 for windows, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,602 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Tangibles (bukti nyata) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,02 > α = 0,05, maka Ho ditolak, Ha diterima artinya ada hubungan antara Reability (Keandalan) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,171 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Responsiveness (ketanggapan) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,597 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Assurance (jaminan) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,948 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Empaty (empati) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022.

Kata Kunci : Tangibles, Reability, Responsiveness, Empaty, Assurance dan Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN
Email
Thesis advisor
KUSUMAWATI, DIANA
nidn0706098001
UNSPECIFIED
Thesis advisor
PRASETYAWAN, RIYAN DWI
nidn0701089203
UNSPECIFIED
Creators:
Creators
NIM
Email
Maharani, Citra
nim201802058
UNSPECIFIED
Department: S1 -- Ilmu Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:13
Last Modified: 05 Oct 2023 03:13
URI: http://eprints.stikesbanyuwangi.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item