Maharani, Citra (2022) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BUNGATAN SITUBONDO TAHUN 2022. Bachelor thesis, STIKES Banyuwangi.
COVER.pdf
Download (459kB)
BAB I - BAB IV.pdf
Download (294kB)
BAB V - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (193kB)
Abstract
Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien.Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan pertama yang di tuntut untuk dapat memenuhi harapan masyarakat, apabila pelayanan puskesmas yang diberikan baik maka akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan pelayanan tersebut, namun dapat terjadi sebaliknya jika pelayanan dirasa kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Bungatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dan sebanyak 50 responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan yaitu uji Chi Quare mengunakan aplikasi SPSS 24 for windows, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,602 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Tangibles (bukti nyata) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,02 > α = 0,05, maka Ho ditolak, Ha diterima artinya ada hubungan antara Reability (Keandalan) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,171 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Responsiveness (ketanggapan) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,597 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Assurance (jaminan) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,948 > α = 0,05, maka Ha ditolak, Ho diterima artinya tidak ada hubungan antara Empaty (empati) dengan Kepuasan Pasien di Puskemas Bungatan Situbondo Tahun 2022.
Kata Kunci : Tangibles, Reability, Responsiveness, Empaty, Assurance dan Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN Email Thesis advisor KUSUMAWATI, DIANA nidn0706098001 UNSPECIFIED Thesis advisor PRASETYAWAN, RIYAN DWI nidn0701089203 UNSPECIFIED |
Creators: | Creators NIM Email Maharani, Citra nim201802058 UNSPECIFIED |
Department: | S1 -- Ilmu Keperawatan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 03:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 03:13 |
URI: | http://eprints.stikesbanyuwangi.ac.id/id/eprint/154 |