HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN TINGKAT GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA REMAJA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BANYUWANGI TAHUN 2022

SUMANTRI, NI KADEK ANDANI (2022) HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN TINGKAT GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA REMAJA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BANYUWANGI TAHUN 2022. Bachelor thesis, STIKES Banyuwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB I - BAB IV.pdf] Text
BAB I - BAB IV.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Gangguan mental emosional adalah perubahan emosional yang terjadi pada seorang individu, jika tidak segera ditangani dengan baik maka berubah menjadi suatu keadaan yang patologis. Tujuan dari penilitian adalah untuk mengetahui Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Tingkat Gangguan Mental Emosional Pada Remaja Kelas VIII di SMP Negeri 4 Banyuwangi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan gadget dengan gangguan mental emosional pada Pada Remaja Kelas VIII di SMP Negeri 4 Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini cross sectional dengan jumlah 66 responden menggunakan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kecanduan gadget (Favorable, Unfavorable) dan gangguan mental emosional SRQ (Selft Reporting Questinnair). Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rank Spearmen dengan perangkat lunak SPSS for windows dengan a = 0,05. Hasil penelitian ini diketahui bahwa remaja dengan kecanduan gadget kategori sedang sebanyak 33 responden (50,0%) dan gangguan mental emosional dengan kategori rendah sebanyak 30 responden (45,5%) nilai signifikasi Rank Spearmen dengan gangguan mental emosional pada remaja siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Banyuwangi p value 0,02 < 0,05 artinya korelasi 1,00 nilai Correlation Coefficient bernilai positif dengan keeratan hubungan sangat kuat. Dari hasil penelitian, remaja bisa mengontrol kecanduan gadget agar tidak mengalami gangguan mental emosional. orang tua bisa memberikan pengawasan dan memberikan Batasan dalam menggunakan gadget untuk mencegahan terjadinya gangguan mental emosional.

Kata Kunci : Kecanduan Gadget, Gangguan Mental Emosional, Remaja Siswa Kelas VIII di SMP

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN
Email
Thesis advisor
MUNIF, BADRUL
nidn0701089102
UNSPECIFIED
Thesis advisor
PRASETYAWAN, RIYAN DWI
nidn0701089203
UNSPECIFIED
Creators:
Creators
NIM
Email
SUMANTRI, NI KADEK ANDANI
nim201802100
UNSPECIFIED
Department: S1 -- Ilmu Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:42
Last Modified: 12 Oct 2023 01:42
URI: http://eprints.stikesbanyuwangi.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item